Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/komnaspe/public_html/network/koneksi.php on line 6
Komisi Nasional Pendidikan Indonesia
Launching Majalah Guru-Q pada Hari Guru ke-23

Suasana aula SD Bhayangkari 10 Porong Sidoarjo Jum’at (25 Nopember) lalu berubah menjadi ajang...

Suasana aula SD Bhayangkari 10 Porong Sidoarjo Jum’at (25 Nopember) lalu berubah menjadi ajang kreasi para siswa PAUD se-Sidoarjo. Di samping kursi untuk tamu dan undangan, di bagian depan panggung ada puluhan siswa PAUD yang asyik mewarnai dan menggambar. Tak lama berselang anak-anak pun mendengarkan peragaan mendongeng di atas panggung. Suasana semakin semarak karena selama 1 jam mereka mengikuti alur dongeng dengan penuh antusias. Ditampilkan juga pentas tari Remo yang dibawakan Alisa, siswa SD Bhayangkari 10 Porong Sidoarjo.

Pagi itu memang diselenggarakan beragam acara dalam rangka Peringatan Hari Guru yang ke-23 tahun 2016 ini. Tak tanggung-tanggung penyelenggara acara dari Yayasan Pendidikan Salam-Q Sidoarjo menghadirkan tamu istimewa yakni Ketua Komisi Nasional Pendidikan (KNP) RI, Deddy Chasbullah.  

Rangkaian utama kegiatan tersebut adalah Bermain dan Bernyanyi Siswa PAUD, Peresmian Website “Aspirasi Masyarakat Pendidikan Indonesia” dan peresmian sekaligus launching “Majalah Guru-Q”. Beberapa stakeholders pendidikan hadir dalam acara tersebut di antaanya Dinas Pendidikan Provinsi Jatim yang diwakili Kasi PAUD Drs. Totok Isnanto, M.Pd, Diknas Sidoarjo, Ketua Himpaudi Sidoarjo, perwakilan dari konsultan Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) serta para Kepala TK dan PAUD se-Sidoarjo.

Dalam sambutannya Ketua Komisi Nasional Pendidikan (KNP) RI, Deddy Chasbullah terlebih dahulu memperkenalkan apa itu lembaga yang dipimpinnya, karena selama ini memang agak asing bagi kalangan pendidik usia dini. Secara umum KNP-RI berupaya untuk mengupayakan terciptanya pemerataan kesempatan memperoleh  pendidikan    yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia, meningkatkan keprofesionalan dan akuntabilitas lembaga pendidikan sebagai  pusat  pembudayaan ilmu pengetahun dan pembentukan karakter bangsa, dan mengupayakan pemberdayaan kehidupan masyarakat Indonesia.

Selain itu KNP-RI juga senantaisa mengupayakan kepedulian segenap komponen bangsa untuk turut serta,  mencerdaskan dan memberdayakan kehidupan bangsa melalui peningkatan pendidikan yang berkualitas serta sebisa mungkin mengupayakan terciptanya fungsi pengawasan yang independen. Sebagai mitra kerja dari pemerintah KNP-RI bisa turut meningkatkan kualtias pendidikan nasional, memberikan masukan kepada Pemerintah tentang kebijakan pendidikan, meningkatkan kualitas guru, dosen dan tenaga kependidikan, serta tak lupa memberikan advokasi kepada Insan Pendidikan dan Institusi Pendidikan.

Apresiasi PAUD Sidoarjo

Terhadap keberadaan lembaga dan guru PAUD di Sidoarjo, Deddy Chasbullah menyatakan apresiasinya. “Saya monitoring kegiatan PAUD di Sidorjo lewat yayasan Salam Qi, saya melihat langsung bagaimana misalnya kegiatan PAUD di PAUD Cahaya Bunda dan Annisa Gedangan, ternyata luar biasa. Sudah tertata dengan baik meski ada beberapa hal yang memang harus diperbaiki terkait tata kelola PAUD yang baik dan benar,” ujar Deddy.

Secara khusus Deddy Chasbullah mengajak para guru PAUD senantiasa mengabdi dan bersabar apalagi pada tahun 2017 mendatang semoga pemerintah bisa memberikan tambahan dana terutama untuk PAUD yang berada di lingkungan RW agar bisa berkembang lagi.

Perhatian itu menjadi semakin mendesak, karena selama ini pendidikan di negara kita cukup memprihatinkan terutama bila dikaitkan dengan kenakalan rema dan sejenisnya. Dengan perhatian lebih pada pendidikan anak usia dini diharapkan ekses-ekses negatif teknologi bisa difilter dengan baik. Setelah juga mendengarkan pengarahan dari Kasie PAUD Diknas Sidoarjo yang pagi itu menyampaikan orasi ilmiahnya tentang keberadaan dan harapan terhadap lembaga PAUD di masa mendatang, acara diakhiri dengan pemberian cindera mata dan launching Majalah Guru- Q yang secara resmi diresmikan Ketua KNP-RI disaksikan pejabat yang hadir hari itu.

Majalah Guru-Q diharapkan merupakan majalah pendidikan yang terbit rutin dikelola oleh Yayasan Salam QI Sidoarjo, yang memuat Informasi, reportase pendidikan di setiap jenjang pendidikan, kegiatan guru maupun siswa di kabupaten Sidoarjo dan sekitarnya. Qifti Hibati Mh, S.Pd, M.Si, ketua Yayasan Salam Qi menyampaikan lembaga yang dipimpinnya meskipun masih berusia 6 tahun namun sudah melakukan banyak kegiatan di antaranya pelatihan bagi para guru se-Sidoarjo, pelatihan untuk siswa SMP/SMA dengan kajian utama pendidikan ditinjau dari sudut Al Qur’an serta beberapa kegiatan sosial seperti santunan anak yatim, menghafal Al Qur’an dan Kampung Ramadhan. ( Sekolah Indonesia-11/16)




Berita Terkait


Komentar dari Facebook



Komentar Anda:


manicure
02 April 2017

I simply could not go away your site before suggesting that I really loved the usual information an individual
provide in your visitors? Is gonna be back incessantly in order to inspect new posts
manicure
03 April 2017

Hi there to all, because I am truly keen of reading this webpage's
post to be updated daily. It carries good data.
manicure
07 April 2017

If some one wants expert view regarding blogging and site-building after that i propose him/her to visit this web site,
Keep up the fastidious work.
maganblakey.hatenablog.com
20 Juli 2017

There is certainly a lot to find out about this subject. I really
like all the points you made.
How do you grow?
21 Juli 2017

Outstanding story there. What occurred after?
Take care!


Isi Komentar Anda:

Nama
Website
Komentar
 


Kode